June 5, 2015

BliBli Menyediakan, Anda Yang Putuskan



Setiap membuka situs belanja online yang belakangan ini menjamur, pikiran saya selalu tertuju pada nama pasar di daerah Bobos, Sumber, Cirebon. Pasar Kramat, itu yang saya ingat. Dua puluh tahun yang lalu, saat bersekolah (SMP) di Desa Bobos, ada toko alat tulis langganan dengan nama Laksana di pasar itu. Perlengkapan alat tulis dan buku lengkap dengan harga miring.

Lalu apa hubungannya dengan situs belanja online? Saya coba membayangkan kembali, waktu itu ada dialek Jawa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Dialek tersebut saya dengar saat membeli buku tulis. Ketika saya memilih buku sesuai selera, saya mencoba memastikan kepada penjual ini buku yang saya pilih.

Karena penjual tidak mengetahui kalau saya pendatang dan tidak bisa berbahasa dialek Ciwaringin, penjual itu mengatakan kurang bli saat mengembalikan uang lebih hasil pembelian buku saya itu. Yang jelas, saya tidak mengerti, yang saya tangkap adalah “kurang beli”. Saya katakan kepada penjual itu, cukup dua saja saya membeli buku tulis itu. Lagi-lagi penjual itu mengatakan kurang bli? “Dua saja pak,” ungkap saya memastikan kembali. 


Untung saja, komunikasi antara saya dan penjual berhasil dimediasi kawan saya yang saat itu ada di dalam toko. Ternyata kawan saya itu anak dari sang penjual. Perlahan tapi pasti, telinga ayahnya dibisikkan kalimat yang berbunyi: dia kawan saya bukan asli Cirebon, ceritanya kepada saya. Persoalan pun berhasil diselesaikan hanya karena dialek bli yang berarti tidak.

Namun, sekarang dialek bli seakan hidup diingatan saya. Di antara toko online, hanya BliBli.com yang saya ingat. Ini hanya kebetulan saja pemilihan nama toko online itu mirip dengan dialek Cirebon, menurut ingatan sosial yang saya ceritakan di atas. Apalagi kalau membuka situs toko online ini, pasti mata saya tertuju logo sekaligus nama toko online ini di sudut kiri atas. Unik dan mudah diingat, Big Choices Big Deals.

Sepintas nama toko online itu ada citarasa komunikasi visual dan sense of experiential bagi yang berkunjung ke situs onlinenya, kendati belum pernah mengalami berbelanja online aman, nyaman, mudah, menyenangkan, di mana dan kapan pun. Termasuk saya sendiri belum pernah berbagi pengalaman berbelanja online kepada pembaca.

Kendati begitu, pengalaman visual pertama kali tidak bisa dilupakan begitu saja. Ketika mata tertuju pada Kategori Belanja disebelah kiri, toko online ini menyajikan beragam produk pilihan yang lengkap. Sebagai toko online pelopor yang mengusung online mall BliBli.com berhasil melakukan sublimasi pengalaman berbelanja dari konsep faktual ke konsep visual yang menyita perhatian pengungjung.

Situs belanja online bukan sekedar lifestyle yang dinikmati netizen lebih dari itu toko online seperti BliBli.com merupakan bagian dari best practice katalog belanja online yang tersedia di dunia maya. Barangkali ini cara jitu mendapatkan perhatian dari khalayak khususnya penikmat belanja yang tak sempat ke toko faktual dengan seabreg kesibukannya.

Lihat saja promo menarik setiap hari yang disajikan BliBli.com. Dengan dikemas semenarik mungkin tema santai dan simple disuguhkan. Promonya menjangkau segalan lapisan usia, dari yang muda, tua, anak-anak, sampai yang ganteng dan cantik disapa untuk tetap tampil stylish. Pembayaran setelah belanja dilakukan dengan proses cepat dan langsung cash on delivery. Keuntungan lainnya yang didapat gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.  

0 comments:

Post a Comment

Apa Tanggapan Anda? Atau Ada Ide lain yang mencerahkan?