Setiap
membuka situs belanja online yang belakangan ini menjamur, pikiran saya selalu
tertuju pada nama pasar di daerah Bobos, Sumber, Cirebon. Pasar Kramat, itu
yang saya ingat. Dua puluh tahun yang lalu, saat bersekolah (SMP) di Desa
Bobos, ada toko alat tulis langganan dengan nama Laksana di pasar itu. Perlengkapan
alat tulis dan buku lengkap dengan harga miring.
Lalu
apa hubungannya dengan situs belanja online? Saya coba membayangkan kembali,
waktu itu ada dialek Jawa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari.
Dialek tersebut saya dengar saat membeli buku tulis. Ketika saya memilih buku sesuai
selera, saya mencoba memastikan kepada penjual ini buku yang saya pilih.
Karena
penjual tidak mengetahui kalau saya pendatang dan tidak bisa berbahasa dialek
Ciwaringin, penjual itu mengatakan kurang
bli saat mengembalikan uang lebih hasil pembelian buku saya itu. Yang
jelas, saya tidak mengerti, yang saya tangkap adalah “kurang beli”. Saya katakan
kepada penjual itu, cukup dua saja saya membeli buku tulis itu. Lagi-lagi
penjual itu mengatakan kurang bli? “Dua
saja pak,” ungkap saya memastikan kembali.
Untung
saja, komunikasi antara saya dan penjual berhasil dimediasi kawan saya yang
saat itu ada di dalam toko. Ternyata kawan saya itu anak dari sang penjual.
Perlahan tapi pasti, telinga ayahnya dibisikkan kalimat yang berbunyi: dia
kawan saya bukan asli Cirebon, ceritanya kepada saya. Persoalan pun berhasil
diselesaikan hanya karena dialek bli yang
berarti tidak.
Namun,
sekarang dialek bli seakan hidup
diingatan saya. Di antara toko online, hanya BliBli.com yang saya ingat. Ini hanya kebetulan saja pemilihan nama
toko online itu mirip dengan dialek Cirebon, menurut ingatan sosial yang saya
ceritakan di atas. Apalagi kalau membuka situs toko online ini, pasti mata saya
tertuju logo sekaligus nama toko online ini di sudut kiri atas. Unik dan mudah
diingat, Big Choices Big Deals.
Sepintas
nama toko online itu ada citarasa komunikasi visual dan sense of experiential bagi yang berkunjung ke situs onlinenya,
kendati belum pernah mengalami berbelanja online aman, nyaman, mudah, menyenangkan,
di mana dan kapan pun. Termasuk saya sendiri belum pernah berbagi pengalaman
berbelanja online kepada pembaca.
Kendati
begitu, pengalaman visual pertama kali tidak bisa dilupakan begitu saja. Ketika
mata tertuju pada Kategori Belanja disebelah kiri, toko online ini menyajikan
beragam produk pilihan yang lengkap. Sebagai toko online pelopor yang mengusung
online mall BliBli.com berhasil
melakukan sublimasi pengalaman berbelanja dari konsep faktual ke konsep visual
yang menyita perhatian pengungjung.
Situs
belanja online bukan sekedar lifestyle
yang dinikmati netizen lebih dari itu
toko online seperti BliBli.com merupakan bagian dari best practice katalog belanja online yang tersedia di dunia maya. Barangkali
ini cara jitu mendapatkan perhatian dari khalayak khususnya penikmat belanja
yang tak sempat ke toko faktual dengan seabreg
kesibukannya.
Lihat
saja promo menarik setiap hari yang
disajikan BliBli.com. Dengan dikemas semenarik mungkin tema santai dan simple disuguhkan. Promonya menjangkau segalan lapisan usia, dari yang muda, tua,
anak-anak, sampai yang ganteng dan cantik disapa untuk tetap tampil stylish. Pembayaran setelah belanja dilakukan
dengan proses cepat dan langsung cash on
delivery. Keuntungan lainnya yang didapat gratis pengiriman ke
seluruh Indonesia.
0 comments:
Post a Comment
Apa Tanggapan Anda? Atau Ada Ide lain yang mencerahkan?